Gifted-disinkroni

TENTANG ANAK GIFTED YANG MENGALAMI DISINKRONITAS PERKEMBANGAN - suatu kelompok gifted children - dan bukan merupakan kelompok autisme, ASD, Asperger Syndrome ataupun ADHD - namun anak-anak ini sering mengalami salah terdiagnosa menjadi kelompok anak autisme ringan, ASD, Asperger Syndrom ataupun ADHD

Selasa, Januari 16, 2007

SEMINAR GIFTED & TALENTED CHILDREN

Trend Pendidikan Khusus
DETEKSI DAN PENDIDIKAN ANAK CERDAS ISTIMEWA DAN BERBAKAT ISTIMEWA
3 Maret 200708.00-13.00 WIB
di Gedung Indosat,tbk, Lantai 4Podium depan (gedung depan)
Jl Merdeka Merdeka Barat 21
Jakarta

Penyelenggara:Kelompok Diskusi Orang Tua Anak Berbakat
dan Dit PSLB Mandikdasmen Depdiknas

Secara global pengasuhan dan pendidikan anak-anak masa kinicenderung semakin rumit, menuntut guru semakin professional danmenuntut orang tua untuk semakin turut berperan serta. Bukan itusaja, adanya pemeriksaan tumbuh kembang yang semakin teliti,menjadikan munculnya banyak kelompok anak-anak dengan keunikannyamasing-masing yang kemudian disebut sebagai anak berkebutuhankhusus, termasuk di dalamnya adalah anak berbakat (gifted children)yang mengalami masalah perkembangan atau disinkronitas perkembangan(yang kami beri istilah Gifted Disinkroni), misalnya mengalamiketerlambatan bicara, masalah sosial emosional, dan sebagainya.

Konsep gifted kini juga semakin berubah dari single konsep bahwagifted adalah perkembangan kognitif semata, menjadi konsepmultidimensional dan dinamis, karena menyangkut bukan hanyaperkembangan kognitif saja tetapi juga karakteristikpersonalitasnya, tumbuh kembangnya, dan lingkungannya. Karena itukini semakin diketahui bahwa ternyata anak-anak gifted ini memilikiberbagai masalah dalam kehidupannya, yang belum banyak kita kenal.

Tak heran jika kini banyak anak-anak gifted balita mendapatkankekeliruan diagnosa seperti autisme atau ADHD, maupun gangguanbelajar (learning disabilities).Situasi ini mendorong orang tua, guru, dan berbagai profesi lainnya(orthopedagog, psikolog, dokter) untuk lebih mempelajari berbagaibentuk ini serta strategi pendekatannya. Orang tua dituntut dalamrangka pengasuhannya di rumah dan membantu pendidikannya di sekolah,guru dituntut memberikan metoda pengajaran yang cocok, pihak profesilainnya dituntut memberikan arahan bimbingan dan saran, sertapengambil keputusan dan pemegang kebijaksaan pendidikan di tingkatpemerintahan pun dituntut untuk senantiasa memperbaharui strategipendidikan nasional.

Seminar ditujukan bagi:
- Praktisi sekolah : guru sekolah reguler maupun guru anak berkekhususan dan gifted children
- Professional (dokter, psikolog, pedagog) serta pemerhatiperkembangan anak dan pendidikan
- Orang tua pada umumnya, serta orang tua anak berkebutuhankhusus dan gifted children

Seminar membahas :
- Berbagai bentuk dan trend perubahan sistem pendidikan padaumumnya dan pendidikan khusus di negara-negara maju dimasa kini.
- Berbagai jenis pola dan strategi pemeriksaan berkala tumbuhkembang anak & psychoeducational assessment center sebagai pilarpendidikan dasar,
- Pentingnya school readiness, pengasuhan dan pendidikan yangefisien serta efektif .
- Pentingnya penerapan sistem evidence based practice,- Berbagai teori yang mendasari pengasuhan dan pendidikan masakini serta trend bentuk-bentuk pendidikan mutahir bagi anakberkekhususan dan anak gifted dengan disinkronitas perkembangan.
- Deteksi dan pola pengasuhan serta pendidikan anak gifteddengan disinkronitas perkembangan
- Pendidikan yang cocok untuk anak gifted dengan disinkronitasperkembangan .

Obyektif seminar :
- Peningkatan awareness dan pengetahuan tentang perubahanfilosofi pendidikan terkini untuk anak berbakat
- Pemahaman tentang berbagai bentuk pengasuhan dan pendidikanmutahir untuk anak berbakat dalam kelas inklusi berdasarkan evidencebased practice dan ditunjang oleh pemeriksaan berkala tumbuh kembangserta psychoeducational diagnostic
- Pemahaman pentingnya peranan guru dan orang tua untukterlibat penuh dalam proses intervensi dan program pendidikan anakberbakat, dalam upaya menuju pendekatan yang lebih profesional
- Pengadopsian manfaat dari contoh perbandingan pendidikanuntuk anak berbakat di Amerika dan Belanda

Pembicara kunci:Drg. Ekodjatmiko Sukarso, M.M, M.Kom., Direktur PSLB, MandikdasmenDepdiknas RI.
Sekaligus meresmikan Forum Komunikasi Gifted & Talented ChildrenDit PSLB Mandikdasmen Depdiknas, dan peluncuran buku tentang anakberbakat dengan disinkronitas perkembangan: Anakku terlambatberbicara, memahami dan mengasuhnya (penulis: Julia Maria van Tiel).

Pembicara ahli:
1. Adi D Adinugroho, MA, Ph.D candidate (special educationspecialist, Purdue Universty-USA): Perkembangan dan strategi sistempendidikan anak berbakat

2. Dr Soedjatmiko, SpA, MSi (Kepala Divisi Tumbuh Kembang AnakRSCM/FKUI & Ikatan Dokter Anak Indonesia): Peran dokter tumbuhkembang dalam rangka persiapan sekolah (school readiness) dandeteksi keberbakatan

3. DR. Firman Lubis MPH, dan Dr Indah Aribowo (Ilmu KedokteranKomunitas FKUI): Peran dokter sekolah dalam rangka persiapan sekolah(school readiness) dan deteksi keberbakatan

4. DR.Julia Maria van Tiel (Pembina kelompok diskusi orang tua anak berbakat anakberbakat@yahoogroups.com ): Pengalaman memahami,mengasuh dan pendidikan anak berkekhususan - gifted dengandisinkronitas perkembangan

Pendaftaran:Biaya Rp.175.000,- termasuk 1 buku tentang anak gifted dengandisinkronitas perkembangan. Judul: Anakku terlambat bicara,memahami dan mengasuhnya oleh Julia Maria van Tiel.

Pembayaran melalui rek.BCA 879xxvcb an. Ines Wuri HandayaniTel.021-70134870; 0813 1115 9898Kirimkan bukti transfer melalui fax. 79197354, selambatnya 26 Feb2007

....