Gifted-disinkroni

TENTANG ANAK GIFTED YANG MENGALAMI DISINKRONITAS PERKEMBANGAN - suatu kelompok gifted children - dan bukan merupakan kelompok autisme, ASD, Asperger Syndrome ataupun ADHD - namun anak-anak ini sering mengalami salah terdiagnosa menjadi kelompok anak autisme ringan, ASD, Asperger Syndrom ataupun ADHD

Minggu, Desember 30, 2007

Artikel: PERMASALAHAN TUMBUH KEMBANG DAN PENDIDIKAN CERDAS ISTIMEWA

Dibawakan dalam simposium sehari bersama Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa Depdiknas, di Jakarta 24 November 2007, Jogjakarta 1 Desember 2007, Surabaya 9 Desember 2007, Palembang 15 Desember 2007, dan Bandung 27 Desember 2007.

Oleh: Julia Maria van Tiel

Artikel berisi:

DAFTAR ISI
1. Orang tua dalam dilemma ..................................................................... ………..3
Anak cerdas istimewa adalah anak berrisiko ………………………………... …. 4
Orang tua dan guru terombang-ambing ………………………………………….. 5
2. Tumbuh kembang yang krusial ………………………………………….. …......... 7
Kesulitan pengidentifikasian …………………………………………….. ……….14
Disinkronitas inteligensia ………………………………………………… ……….15
3. Berbagai kesulitan orang tua …………………………………………….. ……….16
Masalah deteksi & diagnosa ………………………………………………… ……16
Tidak terdeteksi karena underachiever ……………………………………… …..17
Personalitasnya berisiko bermasalah tetapi tidak dikenal ………….. ………….18
4. Hidden disabilities & Gifted Plus ………………………………………… ……….19
Learning disabilities ………………………………………………………… …….. 20
Gifted plus suatu komorbiditas ……………………………………………... …… 22
5. Beberapa kesalahan cara pandang terhadap anak gifted …………………… 22
6. Faktor yang berpotensi menjadi masalah …………………………………….… 23
7. Perlu kesepakatan perubahan & pembaharuan teori giftedness ……………. 29
- Berkecerdasan Istimewa (giftedness) sebagai konsep
multifaktor dan dinamis ………………………………………………….……… 30
- Tumbuh kembang anak cerdas istimewa ……………………… …..………...30
a. Kecerdasan istimewa sebagai perembangan yang
disinkroni …………………………………………………………………... 30
b. Kecerdasan istimewa sebagai perkembangan yang
asinkroni …………………………………………………………….…….. 31
c. Kecerdasan istimewa sebagai perkembangan yang
skalanya besar …………………………………………………… ……….31
d. Kecerdasan istimewa sebagai perkembangan yang
temponya cepat …………………………………………………….………… 32
- Sinyal sejak bayi ………………………………………………………..……… 32
- Karakteristik perilaku & personalitas anak cerdas
istimewa (gifted) ………………………………………………………..……… 36
- Kecerdasan Istimewa dalam konsep pendidikan ……………..….............. 38
a. The Three Rings dari Renzulli …………………………………………. ….38
b. The Triadich dari Renzulli-Mönks ……………………………….……….. 39
c. The Munich Model dari Kurt Heller ……………………………….……… 40
8. Manfaat pembaruan teori terhadap pendidikan …………………….…………. 42
Dalam kelas reguler/inklusi dan kurikulum berdiferensiasi ………………….. 42
Perlu psychoeducational assessment center & diagnostic ……….…………. 44
Mengutamakan keharmonisan tumbuh kembang …………………………….. 45
9. Penutup & Solusi …………………………………………………………..……… 46
Pengembangan sekolah inklusi ………………………………………..……….. 46
Kerjasama antar departemen ……………………………………………………. 47
Hindari diagnosa spekulatif ……………………………………………….……… 48
Hindari psedo-ilmiah ……………………………………………………..………. 49
Meningkatkan peranan guru dan orang tua …………………………………… 50
10. Daftar bacaan


Selanjutnya baca disini
Permasalahan_tumbuh_kembang_dan_pendidikan_cerdas_istimewa

....