Gifted-disinkroni

TENTANG ANAK GIFTED YANG MENGALAMI DISINKRONITAS PERKEMBANGAN - suatu kelompok gifted children - dan bukan merupakan kelompok autisme, ASD, Asperger Syndrome ataupun ADHD - namun anak-anak ini sering mengalami salah terdiagnosa menjadi kelompok anak autisme ringan, ASD, Asperger Syndrom ataupun ADHD

Sabtu, November 10, 2007

Seminar DETEKSI & PENDIDIKAN CERDAS ISTIMEWA DALAM KELAS INKLUSI

DETEKSI & PENDIDIKAN ANAK CERDAS ISTIMEWA
DALAM KELAS INKLUSI
(Kelas reguler yang mengutamakan keunikan & keragaman murid)

Seminar membicarakan pola tumbuh kembang anak cerdas istimewa (gifted),cara-cara mutahir deteksi dini dan diagnosa, pendekatan pendidikan anakcerdas istimewa dalam sekolah umum/reguler dengan murid beragam (inklusi),serta bagaimana mengatasi berbagai masalah yang umum terjadi padaanak-anak cerdas istimewa.

Sabtu, 24 November 2007
08.00 – 16.00 wib
Ruang Podium Depan, Gedung Indosat Lt.4PT. Indosat Tbk
Jl. Merdeka Barat 21 Jakarta

Tujuan Umum
•Memberikan pemahaman kepada masyarakat luas tentang pendidikan anakcerdas istimewa dalam kelas inklusi.
•Memberikan pendampingan dari fihak professional kepada pihak sekolah danorang tua agar tercapai pola pengasuhan dan pendidikan anak cerdasistimewa yang paling optimal

Tujuan Khusus
Memberikan pemahaman tentang:•Apa yang disebut sebagai kelas inklusi dan bagaimana sistem pendidikankelas inklusi
•Cerdas Istimewa dalam teori
•Pola tumbuh kembang anak-anak pada umumnya, dan pola tumbuh kembangkhusus anak cerdas istimewa
•Deteksi dini dan diagnosa anak cerdas istimewa
•Berbagai permasalahan yang mungkin dapat terjadi dalam tumbuh kembang,sosial-emosional, dan kesulitan serta gangguan belajar pada anak cerdasistimewa
•Metoda pendidikan anak cerdas istimewa dan layanan keberbakatan

Seminar ini ditujukan kepada:
•Orang tua
•Professional/praktisi yang terlibat dalam pendidikan dan persiapanbersekolah (guru, dokter, psikolog, pedagog, dll)
•Pemerhati pendidikan
•Mahasiswa yang berminat

Manfaat lanjut dari seminar ini.
Terjadinya percepatan perubahan sistem pendidikan dari sistem pendidikanyang :
•klasikal /konvensional yang tidak memperhatikan keragaman murid ke arahbentuk kelas inklusi yang memperhatikan kebutuhan dan keragaman murid;
•berorientasi pada pencapaian tujuan pendidikan kepada pendidikan yang berorientasi pada kondisi murid
•berbasis konten ke arah pendidikan berbasis kompetensi anak serta ke arahpendidikan yang adaptif di mana tawaran pendidikan lebih sesuai dengankeunikan setiap anak .

Pembicara :
Drg Ekodjatmiko Sukarso, MM, M.Kom. Direktur PSLB Mandikdasmen Depdiknas.
Materi: Kebijakan pemerintah tentang pendidikan anak cerdas istimewa

Endang Widyorini, PHD, psikolog perkembangan dan pakar gifted and talentedchildren lulusan Katholieke Universiteit van Nijmegen - Nederland, dosenFakultas Psikologi dan kepala Pusat Pengembangan Bakat dan KreativitasUniversitas Soegyapranata Semarang.
Materi: Perkembangan mutakhir teorigiftedness, deteksi dini dan diagnosa cerdas istimewa.

Prof. Mulyono, ahli pendidikan khusus Universitas Negeri Jakarta.
Materi:Pendekatan pendidikan anak cerdas istimewa dalam kelas inklusi.

Dr. S. Faisa Abiratno Sp.THT, ahli THT yang mendalami neuro-ontologi.
Materi: Deteksi dan diagnosa keterlambatan bicara pada anak dengan inteligensia baik.

DR. Julia Maria van Tiel, orang tua anak cerdas istimewa, menetap diBelanda, pembina komunitas mailinglist orang tuahttp://groups.yahoo.com/group/anakberbakat/ dan penulis buku: “Anakku terlambat Bicara”.
Materi: Tumbuh kembang anak cerdas istimewa dan mendampinginya dalampendidikan

Diskusi Interaktif dipandu oleh Dr Bayu Prawira Hie
Biaya: Rp. 150.000,-
Pembayaran: Rekening BCA KCP Warung BuncitNorek.5520 203 615 an.Ines Wuri Handayani

Pendaftaran: Wulan – 0818994802; Ines - 0813 1115 9898Tel. 99439404; Fax.7919 6862, selambatnya 22 November 2007.

Penyelenggara:Yayasan Adhi Purusa (paguyuban orang tua Gifted & Talented Children)bekerjasama denganDirektorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa Mandikdasmen Depdiknas

....