Gifted-disinkroni

TENTANG ANAK GIFTED YANG MENGALAMI DISINKRONITAS PERKEMBANGAN - suatu kelompok gifted children - dan bukan merupakan kelompok autisme, ASD, Asperger Syndrome ataupun ADHD - namun anak-anak ini sering mengalami salah terdiagnosa menjadi kelompok anak autisme ringan, ASD, Asperger Syndrom ataupun ADHD

Kamis, Januari 18, 2007

DAFTAR ISI BUKU "ANAKKU TERLAMBAT BICARA"


“ANAKKU TERLAMBAT BICARA”
Anak berbakat dengan disinkronitas perkembangan, memahami dan mengasuhnya.
Membedakannya dengan Autisme dan ADHD, serta permasalahan gangguan belajar.
Penulis: Julia Maria van Tiel


Sekapur Sirih v

Daftar Isi vii

Bab 1: Memahami Kata Gifted dan Fenomenanya 1
Anakku Gifted Disinkroni, Cerdas Sekaligus Mengalami Kesulitan 3
Terlambat Bicara 9
Tak Kreatif,Tak Mau, atau Tak Mengerti? 14
Ibu Guru Terengah-engah 18
Tak Dimengerti Apa Maunya, atau Ia Tak Mengerti Maksud Kita? 20
Melalui Berbagai Tes Mencari Gambaran Utuh 22
Mengamati Gejala Keberbakatan 33
Memahami, Modal Membangun Kesabaran 44

Bab 2: Cerdas Tetapi Mengapa Bermasalah? 47
Aku Harus Mengubah Pandangan 49
Disinkronitas Perkembangan 53
Disinkronitas Inteligensia 63
Sosial Emosional, Menarik Diri, Tak Berdaya, dan Menjadi Bahan Ejekan 66
Twice Exceptional, Keistimewaan atau Kesulitan Ganda? 71
Cerita tentang Mark, Twice Exceptional Gifted Child yang Menderita, 76
Anak Berisiko Sedini Mungkin Perlu Teridentifikasi 81

Bab 3: Mengenal Karakteristik 87
Bagaimana Agar Bisa Tahan? 89
Membutuhkan Pendekatan Dua Arah 92
Melihat Gejala Secara Positif, Faktor Kuat dan Lemah Anak Gifted 97
Membaca Masalah dan yang Kita Temui Sehari-hari 101
Memori Fotografis, Mudah Mengingat—Sulit “Disetip” Lagi 103
Kreativitas Tinggi, Tukang Nggratak, Selalu Banyak Usul 111
Perfeksionisme, Segalanya Harus Perfek, Presisi, dan Sulit Fleksibel 117
Inteligensia Tinggi dan Metakognisi Memicu Anxiety 122
Faalangst, Rasa Takut Berbuat Salah Padahal Bisa 126
Overexcitability, Reaksinya Berlebihan 129
Didaktik, Keras Kepala, Tak Mau Diperintah dan Tak Tahan Rutinitas 132

Bab 4: Tumbuh Kembangnya Memang Khusus 135
Prestasi sebagai Perwujudan Nature dan Nurture 137
Perkembangan Anak, Unik dan Beragam 143
Perkembangan Emosional, Perkembangan Utama 147
Komunikasi Nonverbal, Bentuk Komunikasi yang Sangat Penting 151
Perkembangan Kognitif, Terjadi Loncatan Perkembangan 154
Perkembangan Sensoris, Skalanya Besar 158
Perkembangan Sosial, Perkembangan Khusus atau Bermasalah? 162
Perkembangan Fantasi dan Kreativitas, Tabrakan antara Dunia Fantasi
dan Realita, 166
Perkembangan Bahasa dan Bicara, Visualisasi dalam Berbahasa, 170
Motorik Kasar Berkembang Hebat, Tertinggal dalam Perkembangan
Motorik Halus 184

Bab 5: Gifted atau Autisme: Bagaimana Membedakannya? 187
Selalu Menjadi Pertanyaan 189
Mengapa Terjadi Kesalahan Diagnosa? 192
Autisme, Apakah Itu? 196
Perkembangan Bicara pada Autisme, Terlambat Bicara Selalu Menjadi
Alasan Utama 202
Emosi sebagai Dasar Perkembangan, Tipisnya Perkembangan Emosi Bayi
Autisme 206
Perkembangan Kognitif Autisme, Defisit dalam Perkembangan Kreativitas dan
Kemampuan Pemecahan Masalah 212
Perilaku Repetitif—Stereotipik—dan Rigid 214
Asperger Syndrome Tanpa Terlambat Bicara 219
Savant Syndrome 226

Bab 6: Antara ADD/ADHD dan Gifted Apa Bedanya? 229
Anakku Banyak Gerak dan Sulit Berkonsentrasi Menjadi Keluhan Utama 231
ADD/ADHD dalam Aspek Neurologi 235
Gifted Plus, Gifted dengan Masalah Ganda 240
Faktor yang Berpotensi Menjadi Masalah 247
Sulit Diidentifikasi 254
Bagaimana Membedakannya? 256

Bab 7: Gifted Visual-Spatial Learner, Bagaimana Masa Depannya? 261
Visual-Spatial Learner, Apakah Itu? 263
Genetik dan Bagaimana Penjelasannya? 266
Visual-Spatial vs Auditory Sequential, Perbedaan Karakteristiknya 272
Sinyal Awal 275
The Late Bloomer 280
Apakah Anakku Disleksia? Belum Tentu 285
Disleksia 288
Diskalkulia 299
Disgrafia 302
Harus Cepat Teridentifikasi 304

Bab 8: Intervensi dan Stimulasi 307
Intervensi Mana yang Perlu Mendapatkan Prioritas? Cukup Membingungkan 309
Intervensi Perkembangan Bahasa dan Bicara, Pure Dysphatic Development
Apakah Itu? 311
Tinjauan Neurologis Xavier Tan 318
Differential Diagnosis 320
Prinsip Penanganan 321
Konsep Perkembangan Berbahasa dan Bicara, Fase Preverbal 321
Faktor Pendukung 323
Prinsip Penanganan pada Fase Awal Verbal 323
Terapi Wicara Fase Verbal 325
Tujuan dan Perangkat 327
Ergotherapy 327
Intervensi Lain 327
Berbagai Akibat Perkembangan Bahasa dan Bicara yang Tertinggal 328
Rendahnya Respons Panggilan Akibat Hiperfokus 329
Tertinggalnya Perkembangan Sosial 330
Kekurangan dalam Hal Fleksibilitas dan Adanya Kekakuan 331
Kekurangmampuan Fantasi dan Imajinasi 332
Terkembangnya Rasa Takut dan Faalangst Negatif 333
Kekurangmampuan Adaptasi Terhadap Lingkungan dan Adaptasi Terhadap
Perubahan 335
Keadaan Gangguan Konsentrasi 336
Anxiety dan Perilaku Seperti Paranoia 337
Perkembangan Sensoris yang Terlalu Hebat, (taktil/raba, auditori, visual,
pengecapan, dan penciuman 338
Perkembangan Motorik, Tidak Sinkron antara Motorik Kasar dan
Motorik Halus 339
Perkembangan Sosial Emosional, Terlalu Sensitif, dan Jaga Imej, 340
Gangguan Belajar dan Bimbingannya 341
Membaca, Mengeja, dan Dikte 343
Menulis 344
Berhitung 345

Bab 9: Pengembangan Keberbakatan 347
Bakat Apakah Itu? 349
Model Pendidikan 355
Masuk dalam Sekolah Reguler 355
Adaptive Education, dan Psychoeducational Assesment 358
Diagnostik dan Portfolio 360
Kompetensi di dalam Kelas 362
Program Pelayanan Keberbakatan 363
Bentuk Pendidikan Sekolah Dasar Lain 364
Peranan Orang Tua 365
Apa yang Perlu Diketahui 365
Pengembangan Kreativitas dan Bakat 367
Anak Bertalenta, Cerdas, dan Berbakat 369
Pengembangan Intelektualitas 371
Pengembangan Bakat Keterampilan Motorik 377
Pengembangan Bakat Seni 378

Bab 10: Penutup 381
Risalah Tuhan 383
Mengasuh dan Mendidiknya 384
Sangkar yang Hangat 387
Saling Mendukung dan Berbahagialah 387
Penulis 395


Penerbit Prenada Media

Mulai beredar sejak awal Februari 2007 di toko buku Gramedia seluruh Indonesia

....