Gifted-disinkroni

TENTANG ANAK GIFTED YANG MENGALAMI DISINKRONITAS PERKEMBANGAN - suatu kelompok gifted children - dan bukan merupakan kelompok autisme, ASD, Asperger Syndrome ataupun ADHD - namun anak-anak ini sering mengalami salah terdiagnosa menjadi kelompok anak autisme ringan, ASD, Asperger Syndrom ataupun ADHD

Senin, Februari 22, 2016

BUKU PERFEKSIONISME DAN FAALANGST ANAKKU CERDAS ISTIMEWA




Untuk mendapatkan silahkan hubungi:
Penerbit : Prenada Media
Jl Tambra Raya no 23
Rawamangun
Jakarta Timur
Tel: 021-47864657
fax: 021-4754134
Email: pemasaran@prenadamedia.com
























SEKAPUR SIRIH   ............................................................... v
PROLOG     ............................................................... ix
Anak Gifted dan Permasalahan Kepribadiannya  ...................... ix
Gejala Lompatan Perkembangan Pada Anak Gifted ................ xiii
Masalah Perfeksionisme dan Kreativitas Pada Anak Gifted .. xv
Perkembangan kepribadian dan sosial emosional yang disalah mengerti ....... xviii
Kelompok Anak Gifted Disinkroni yang Masih Kurang Dikenal ......... xix
Pendapat Masyarakat yang Salah Terhadap Anak Gifted ...... xxiv

BAB 1: PERFEKSIONISME ......3
A. Perfeksionisme, Apakah Itu? ...3
B. Adaptif Perfeksionisme dan Maladaptif Perfeksionisme 7
     1. Adaptif Perfeksionisme .................................................... 12
     2. Maladaptif Perfeksionisme .............................................. 12

C. Risiko Terberat Bunuh Diri? ...................................................... 13
 D. Dampak negatif Perkembangan Perfeksionisme yang Kuat   ........ 19
     1. Berkembangnya Faalangst Negatif ............................. 19
      2. Perilaku Rigid  ...................................................................... 21
E. Perfeksionis Bukan Dilatih Tetapi Diturunkan ................... 21
F. Kapan Kita Bisa Mulai Mengenali Perfeksionisme?  ........ 23
G. Diperlukan Kefleksibelan ........................................................... 26
H. Wajah Perfeksionisme Pada Anak Gifted ............................ 28
     1. Menuntut Standar yang Tinggi ...................................... 28
     2. Pengulangan-pengulangan Menuju Hasil Ekselen . 31
     3. Berusaha Menjadi Manusia Idealis ................................ 34
     4. Sangat Kritis Terhadap Diri Sendiri dan  Lingkungannya ............. 35
I. Beragam Perfeksionis ................................................................. 36
    1. Perfeksionis Intelektual  ................................................... 36
    2. Perfeksionis Sosial .............................................................. 38
    3. Perfeksionis Penampilan  ................................................. 40

BAB 2: FAALANGST DAN SEGALA MASALAHNYA........... 45
A. Apa Itu Faalangst Negatif? ....................................................... 47
B. Perkenalanku Dengan Faalangst Negatif ............................ 53
C. Lebih Banyak Muncul Pada Anak Gifted dengan  Disinkronitas Perkembangan .................... 57
D. Faktor Kreativitas dan Perefeksionisme yang Bisa  Membawa Masalah ............................... 59
E. Berbagai Hal yang Berkaitan dengan Faalangst Negatif............ 61
     1. Rasa takut   ...................................................................... 61
     2. Rasa Frustrasi  ..................................................................... 63
     3. Perkembangan Kemampuan Metakognisi yang Tinggi   ................ 66
F. Berbagai Akibat Berkembangnya Faalangst Negatif ..... 71
    1. Menarik Diri   ...................................................................... 71
    2. Kecemasan   ...................................................................... 72
    3. Psikosomatik  ...................................................................... 74
    4. Hilangnya Rasa Percaya Diri  ......................................... 75
    5. Konsep Diri Negatif  .......................................................... 75
     6. Rasa Malu   ...................................................................... 79
     7. Jaga Imago Akhirnya Menutup Diri ............................. 81
     8. Masalah Berketerampilan Sosial ................................... 82
     9. Masalah Prestasi .................................................................. 87
     G. Faalangst Negatif Menjadi Bahaya Laten yang  Memprihatinkan ..................................... 89


BAB 3: FAALANGST NEGATIF ........................ 93
A. Sebab-sebab Munculnya Faalangst Negatif ...................... 94
     1. Si Anak Mempunyai Pengalaman Kegagalan  ......... 95
     2. Selalu Tidak Puas dengan Prestasinya ....................... 96
     3. Lingkungan Memberikan Reaksi Terhadap Prestasi dan Kegagalannya................. 99            
    4. Jatuhnya Konsep Diri dan Rasa Percaya Diri  .......... 100

B. Faktor Individu Yang Memperberat Faalangst Negatif . 101
    1.  Supersensitivitas ................................................................. 101
    2. Intensitas   ...................................................................... 103
C. Jenis-jenis Faalangst Negatif ................................................... 106
    1. Faalangst kognitif ............................................................... 106
    2. Faalangst Sosial  ................................................................. 106
    3. Faalangst Motorik ............................................................... 107
D. Gejala Yang Dapat Diamati ....................................................... 107
    1. Selalu minta pengakuan  ................................................. 108
    2. Tak Stabil Jika Lingkungan Kurang Nyaman ............ 110
    3. Sering Mencoba Mengalihkan Perhatian  .................. 111
   4. Menghindari Kontak Mata  .............................................. 112
   5. Bersembunyi di Tengah Orang Banyak  ..................... 112
   6. Memberikan Banyak Alasan ........................................... 113
   7. Menghindari Tugas-tugas ................................................ 113
   8. Sangat Lambat Mengerjakan Tugas ............................ 114
   9. Gampang Tersinggung Terhadap Kritik  .................... 114
  10. Tak Berani Memberikan Kepastian  .............................. 115
   11. Sering Mengatakan Tidak Tahu dan Tidak Bisa....... 116
   12. Senewen, Gagap, Sakit Perut, Pusing,dan Hiperventilasi ............................ 116
E. Lingkungan yang Memperbesar Faalangst Negatif ........ 117
   1. Budaya   ...................................................................... 117
   2. Pengasuhan  ...................................................................... 117
F. Relasi Anak dan Orang Tua ...................................................... 118
G. Banyak Diagnosa Pembandingnya ........................................ 118

BAB 4: BAGAIMANA KITA MENGHADAPI MASALAH?  ..... 123
A. Diagnosa yang Tepat .................................................................. 123
B. Lingkungan Perlu Berubah ....................................................... 131
Apa yang Kumaksud dengan Lingkungan Harus  Berubah?   ........................ 132
C. Peranan Orang Tua  ...................................................................... 137
D. Sebelum Atasi Faalangst Negatif, Kelola Dampak Perfeksionisme Dahulu............................ 141
E. Mengajak Memahami Situasi .................................................... 143
F. Mengenal Diri Sendiri .................................................................. 147
G. Kenalkan Masalahnya  ................................................................. 150
H. Dari Perfeksionis ke Optimalis................................................. 153
I. Mengatasi Faalangst Negatif ................................................... 156
J. Reward dan Punishment Tidak Ada Gunanya ................... 159
K. Selalu Beri Dukungan .................................................................. 160
L. Beberapa Tip Bermanfaat ......................................................... 163
1. Ajak Jangan Memercayai Pikiran yang Salah ........... 163
2. Menghargai Potensinya Sendiri  ................................... 163
3. Menerima Kesalahan dan Kekalahan ........................... 164
4. Belajar Merelatifkan Sesuatu yang Dirasa Berat ..... 164
5. Ajarkan Merelatifkan Tuntutannya yang Tinggi ...... 164
6. Ajarkan Menghargai dan Menikmati Kehidupan ..... 165

REFERENSI    ............................................................... 167
TENTANG PENULIS  ...............................................................

....